Skip to main content

Do'a Khatam Al-Quran

Teringat kembali ke kenangan di masa kecil. Dahulu, menjelang maghrib, kami selalu berkumpul di ruang keluarga. Kaka pertama dan kedua, saya dan Mama, terkadang ada bibi saya yang menginap dirumah menemani mama karena Papa saya bekerja shifting. Dulu, di Tangerang Selatan masih rimbun, di depan rumah ada lapang luas yang dikelilingi pohon pisang dan kelapa. Hawanya sejuk menenangkan. 

Menjelang maghrib adalah salah satu waktu yang saya takuti. Langit mulai menghitam, tak terdengar suara orang beraktivitas, tak ada suara kendaraan. Yang membuat saya tenang adalah suara lantunan ayat suci Al-Qur'an dan sholawat dari musolah depan rumah. Mama melantunkan ulang sholawat tersebut, membuat hati ini tenang. 

Ada salah satu lantunan do'a yang sangat terkenang, baru ketika dewasa saya mengetahui bahwa itu adalah do'a untuk khatam Al'Qur'an. Ya Allah, artinya luar biasa indah. Berikut arti dari potongan do'anya :



…Ya Allah jadikan sebaik-baik umurku (agar menjadi amal yang terbaik) di akhir usiaku. Hariku yang terbaik adalah hari di saat aku bertemu dengan Mu (kelak). Ya Allah, aku memohon hidup yang nyaman, mati yang tenang, dan tempat kembali (akhirat) yang tidak memalukan dan menghinakan. Ya Allah aku meminta sebaik-baik permintaan, permohonan, keberhasilan, ilmu, amal, pahala, kehidupan, kematian dan tetapkanlah aku dalam semua kebaikan itu. Beratkanlah timbangan (amal baikku), kukuhkanlah imanku, tinggikanlkah derajatku, terimalah sholatku, ampunilah kesalahan-kesalahanku, dan aku memohon surge yang paling tinggi kepadaMu. Ya Allah pastikanlah aku memperoleh rahmat-Mu, meraih ampunan-Mu, terbebas dari segala dosa, mendapat manfaat dari segala kebaikan, meraih keuntungan berupa syurga dan terlepas dari siksa neraka. Ya Allah baguskanlah akhir semua amal kami serta jauhkanlah kami dari hinanya dunia dan sisa akhirat.

Ya Allah berikanlah kami rasa takut kepada-Mu yang akan menghalangi kami dari berbuat maksiat. Anugerahilah kami ketaatan kepada-Mu yang akan mengantarkan kami (memasuki) surga-Mu. Curahkanlah keyakinan sehingga meringankan musibah hidup yang menimpa kami…

Ya Allah janganlah Engkau sisakan secuil dosa pun (bagiku) melainkan Engkau ampuni semuanya, janganlah Engkau tinggalkan sebersit keraguan pun (bagiku), melainkan Engkau hilangkan semuanya; janganlah Engkau tinggalkan sepeser hutang pun (bagiku) melainkan Engkau lunasi semuanya; janganlah Engkau abaikan segala kebutuhan dunia dan akhiratku melainkan Engkau penuhi semuanya. Wahai Dzat yang Maha Pengasih dari segala yang pengasih. Ya Tuhan kami anugerahilah kami kebaikan di dunia dan akhirat, serta jagalah kami dari siksa api neraka. Semoga Allah mencurahkan shalawat atas nabi kita Muhammad, keluarganya, dan para sahabatnya yang terpilih, serta salam yang berlimpah ruah.

Jika memang semua do'a diatas benar-benar kita jadikan bingkai hidup kita, indah sekali ya.. pastinya hidup ini terasa lapang. Tak ada penyakit hati, tak ada penyesalan.. semua yang terjadi dalam hidup ini sudah dicatat jauh sebelum kita ada di dunia ini. 

Semoga kita menjadi pribadi yang hanya berharap hanya kepada Allah. Aamin ya rabbal 'alamiin.. 

Comments

Popular posts from this blog

Mesin Jahit Pertama - Cerita BROTHER JS 1410

Alhamdulillah..setelah nabung bertahun-tahun akhirnya kesampean juga punya mesin jahit. Alhamdulillah..... Setelah cari referensi sana-sini, akhirnya jatuh cinta sama mesin jahit BROTHER JS 1410. Alesannya simpel sih, bukan karena performa mesin yang udah ga diragukan lagi dan lainnya.. alasannya yaitu, pas nyari di lazada.com , brother paling murah (jangan ditiru ya, udah cape-cape cari reviewan orang-orang ujung-ujungnya nyari yang murah..hehee) cari lahhh yang memang bener-bener mesinnya bagus dan spare partnya mudah ditemukan sembari nunggu mesin jahit datang, saya nyari perlengkapannya dulu kaya benang, meteran, kapur jahit, rader, pendedel,bahan-bahan katun yang lucu-lucu.. Setelah sampai, dirapihkan, dipasang-pasang, abis itu belajar manualnya sambil langsung nyoba gulung benang di spol dan pasang benang, karena konon itu yang paling ribet. Ternyata gampang bener sodarah2.. soalnya pernah nyoba pasang benang di mesin jahit punya Mba dan itu ribet..  Pas libur kerja langus